Fashion, Travel and Social enthusiasms|

4D3N jatuh cinta ‘LOMBOK’

Pantai Seger - Lombok
Ibarat “surga” di Indonesia, enggak heran Lombok mulai ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Lombok memiliki ratusan destinasi wisata mulai dari gugusan pulau-pulau kecil ditengah laut yang disebut Gili, puluhan air terjun yang spektakuler, pesisir-pesisir pantai berpasir putih yang identik dengan pasir merica-nya, juga sebuah Gunung yang bernama “Gunung Rinjani” yang merupakan gunung tertinggi nomor 2 di Indonesia (3726mdpl) yang masuk nominasi GUNUNG FAVORITE para pendaki karena terkenal keindahannya. Destinasi – destinasi liburan di Lombok yang ini tentu akan membuktikan bahwa Lombok adalah pulau yang tidak pernah membosankan untuk di kunjungi. Banyak orang yang bilang kalau kalian bisa menemukan Bali di Lombok, namun tidak untuk sebaliknya.

Nah dalam tulisan aku kali ini, akan bercerita pengalaman aku jatuh cinta saat pertama kali membuka mata di pagi hari pada Lombok. Aku akan menceritakan tempat wisata, budaya, kuliner, oleh-oleh, penginapan murah dan instagramable yang aku kunjungi dan gak ketinggalan orang-orang baik yang aku temui di Lombok. Semoga bisa menjadi referensi kamu saat berkunjung ke Lombok.

Day 1 – Jakarta Lombok
Penginapan hari pertama
Cuma butuh dua hari cuti untuk bisa menikmati surga yang ada di Indonesia, Lombok. Aku berangkat meuju Jakarta bersama seorang temanku pada pagi hari Kamis. Kami memutuskan untuk bermain-main di daerah Jakarta karena Pesawat baru akan membawa kami menuju Praya pada pukul19:00 WIB. Kami tiba di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid sebelumnya juga dikenal dengan Bandar Udara Internasional Lombok, yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, provinsi Nusa Tenggara Barat. Kami sudah merencanakan liburan ini kurang lebih selama 2 bulan dan mendapatkan tiket promo seharga Rp1.350.000 two ways menggunakan maskapai Air Asia yang memang baru membuka rute penerbangan Jakarta bali. Kami tiba pukul 22:00 WIT, dan langsung memesan taxi online.Jangan khawatir, disana terdapat banyak taxi conventional ataupun online, ada juga Damri. Sekitar 30 menit menempuh perjalanan, akhirnya kami tiba di penginapan hari pertama yang sudah kami pesan sebelumnya. Di hari pertama kami memutuskan untuk memilih penginapan bernuansa alam yang tidak jauh dari pantai Kuta, Lombok dengan harga Rp290.000/malam.

Day 2 – All about beach in Lombok
Kamar mandi bernuansa alam
Membuka mata di pagi hari diiringi suara ombak dan nyanyian alam, membuat semangat untuk terbangun dan tak sabar untuk menikmati keindahan Lombok. Penginapan kami berada di belakang pantai dan bukit, jadi pagi hari kami memutuskan untuk berjalan-jalan sekitar pantai. Pukul 08:00 kami mulai sarapan (penginapan include breakfast) dan bersiap untuk melancong. Aku memutuskan untuk menyewa sepeda motor hari itu, dengan harga sewa Rp50.000/hari dan isi bensin cukup 1 liter +- Rp8000 sudah bisa berkeliling pantai-pantai. Di sekitar Kuta ada banyak pantai-pantai lain yang jaraknya berdekatan. Sebut saja Selong Belanak, Mawun, Mawi, Seger, Tanjung Aan dll. Jadi dalam sehari, kita bisa tur keliling pantai dan surfing berkali-kali.

MENJAMAH EKSOTISME PANTAI INDAH DI SELATAN LOMBOK : PANTAI KUTA

Bukan cuma Bali yang punya Kuta, Lombok juga punya loh! Kuta ini selain untuk menyebutkan nama salah satu pantai di Lombok, juga digunakan untuk menyebutkan nama kawasan yang berada di sekitar pantai tersebut.
Pantai Kuta Lombok merupakan satu icon yang paling menggambarkan keindahan pulau Lombok selain Gili-gilinya. Pantai ini terletak di selatan pulau Lombok. Pantai Kuta terkenal dengan butiran pasir putih yang sangat lembut dan hamparan pantai jernih dan biru di sekelilingnya.

AIR KRISTAL DI SELONG BELANAK

Pantai Selong Belanak berada di Lombok Selatan, sekitar 60 kilometer dari Kota Mataram. Kalian bisa menggunakan kendaraan umum untuk menuju kesini, namun cara paling mudah adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Alternatifnya, kalian bisa menginap di daerah Kuta seperti yang aku lakukan dan hanya berjarak 15 menit berkendara dari Pantai Selong Belanak.

MENGEKSPLOR KEINDAHAN PANTAI BERBUKIT ALA MANDALIKA : PANTAI TANJUNG AAN

Tanjung aan memiliki pesona keindahan baik darat maupun dalam laut. Di darat kamu akan menyaksikan pemandangan semenanjung yang indah dari pesisir Pantai Aan, perbukitan hijau di setiap sisi pantai ini seperti mengelilingi kita yang ada di dalamnya.
Pantai Tanjung Aan terletak sekitar 75 Kilometer dari Kota Mataram, atau sekitar 3 Kilometer dari Pantai Kuta Lombok. Ombak di perairan Tanjung Aan tergolong tenang, cocok untuk berenang cantik di tepi pantai maupun bersnorkling. Pasir bak merica berwarna putih di sekitaran pantai membuat merasa semakin termanjakan di tempat ini.

HAMPARAN PERBUKITAN DAN PASIR PUTIH : PANTAI SEGER

Pantai Seger merupakan bagian dari kawasan wisata Mandalika di Lombok Tengah bagian selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kawasan ini sebenarnya juga berada di satu garis pantai Kuta dan Tanjung Aan Lombok. Pantai seger juga dikenal sebagai pantai putri nyale, dimana setiap tahun sekitar bulan Februari diadakan ritual bau nyale. Masyarakat sekitar ramai-ramai mencari dan menangkap cacing-cacing laut yang rasanya sangat lezat. Di pantai Seger kamu bisa menikmati air laut yang jernih dan pasir putih halus di tepi pantai.

Bukit Pantai Seger

Pantai ini juga memiliki barisan perbukitan di sekelilingnya, kamu harus mencoba naik ke Bukit Pantai Seger atau Bukit Seger, konturnya yang landai tidak membuatmu lelah. Dari atas bukit kamu akan dibuat kagum dengan pemandangan view Pantai Seger dari atas, bukan keindahan alam yang biasa, tapi luar biasa, perpaduan pegunungan, air laut yang jernih, dan tentunya pasir putih.
Kuta Lombok Homestay
Di hari kedua, aku berpindah ke Kuta Lombok Homestay yang berada persis di depan pantai Kuta, dengan harga Rp100.000/malam. Tenang, kalian juga akan mudah untuk menemukan makanan mulai dari restaurant, bar, hingga seafood segar di sepanjang jalan menuju pantai Kuta.
Spoiler untuk Day 3 & 4
Lombok tak pernah bosan untuk dikunjungi, penasaran dengan Day 3 & 4 perjalanan aku jatuh cinta pada Lombok? Di Day 3-4 akan bercerita sesuatu yang berbeda mulai dari gladiator ala suku sasak, bertemu banyak sahabat alam, desa yang di kelilingi gunung, kuliner, religi dan masih banyak lagi. Tunggu ceritaku selanjutnya ya.

Video dan foto yang menggoda iman untuk segera pergi berlibur bisa kalian cek di highlight instagram aku @devinawistiasari