Jakarta dari sisi berbeda - Pulau Pramuka

Jakarta berlaut blue crystal
Jakarta dengan asap kendaraan bermotor, banyaknya perantau, dengan kemacetan dan berbagai jenis sifat manusia. Pernahkah kalian melihat Jakarta dari sisi lain yang berbeda? Keramahan orang-orangnya, biota laut yang indah, taman bawah laut yang belum terjamah dan kendaraan bermotor yang jarang terlihat. Semua masih bisa kita jumpai di Jakarta. Mau tau dimana dan gimana cara menemukan sisi lain dari Jakarta, let we start to explore.

Tak perlu jauh-jauh ke Wakatobi, Labuan Bajo, atau Raja Ampat untuk sekadar menikmati pasir putih, pantai dengan air berkristal, atau ekosistem karang laut. Kepulauan seribu punya modal untuk menjadiobjek wisata laut itu. Lokasinya bisa dicapai hanya dengan 1-3 jam perjalanan dari ibu kota Jakarta dengan menggunakan kapal laut. Salah satu yang bisa Anda tuju adalah Pulau Pramuka. Dengan tiket kapal Rp50.000 sekali jalan kalian sudah bisa menyebrang dari pelabuhan muara angke, kali adem ke pulau pramuka. 
Salah satu villa di Pulau Pramuka
Untuk Pulau Pramuka biasanya jadwal keberangkatan adalah pada pukul 7 dan 10 pagi, sedangkan dari Pulau Pramuka menuju ke Muara Angke adalah pukul 8.20 pagi dan 12.30 pagi. Sesampainya disana, kalian akan menemukan banyak orang yang menawarkan penginapan dari harga terendah hingga tertinggi, jadijangan khawatir gak dapat penginapan, atau kalian suka alam bebas? Bisa banget berkemah di pinggir pantainya. 

Tentang Pulau Pramuka

Pulau pramuka memiliki daya tarik dibandingkan dengan pulau-pulau di sekitarnya karena di pulau inilah pusat pemerintahan dan administratif dari Kepulauan seribu dilakukan, jadi orang dari pulau lain akan dating ke pulau Pramukan jika beberurusan dengan dokumen pemerintahan. Pulau berpenduduk sekitar 1.700 jiwa ini adalah penghubung ke sejumlah lokasi snorkeling dan penyelaman di kawasan Kepulauan Seribu Utara. Pulau Pramuka terbilang lengkap dari sisi sarana pendukung wisata. Di pulau ini berserak tempat penginapan, rumah makan, dan penyedia jasa penyelaman. Ada pula fasilitas komunikasi, rumah sakit, serta jasa penyeberangan.

Sempat kaget karena begitu sampai di pelabuhan pulau Pramuka langsung berjajar gedung pemerintahan, lalu dalam pikiran saya bagaimana mungkin bisa menemukan keindahan laut yang belum terjamah dan ternyata salah besar, air lautnya sangat jernih dan banyak terumbu karang yang masih alami serta masih bisa menemukan pasir putih.

Keindahan bawah laut
Snorkeling time
Berbicara mengenai keindahan pulau seribu, maka kalian wajib berkunjung ke Pulau Pramuka. Dengan laut jernih dan berbagai keindahan pemandangan alam yang bisa anda nikmati di kala waktu liburan. Pemandangan yang tersajin di bagian bawah Pulau Pramuka memang tidak perlu diragukan, sebab seperti banyak pulau lainnya di utara Jakarta, Pulau Pramuka memiliki pemandangan yang begitu indah dan mengagumkan. Selain dengan diving atau snorkelaing kegiatan menarik lainnya adalah berkeliling seputaran pulau kecil ini sembari memburu sunrise atau sunset yang sangat indah. 
Pulau Pramuka dan umumnya pulau-pulau di kawasan utara termasuk kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu. Kawasan ini mempunyai sumber daya alam yang khas, terutama bawah laut dan ekosistem karang yang unik. Perairannya memiliki terumbu karang tepian (fringing reef) di kedalaman 1-20 meter dengan sejumlah biota yang hidup, antara lain ikan hias, ikan konsumsi, moluska, penyu, mangrove, dan padang lamun. 



Lamun adalah tumbuhan yang beradaptasi untuk hidup di air asin. Keberadaannya dapat dengan mudah ditemukan di perairan dangkal Kepulauan Seribu. Selain tumbuhan laut, pengunjung bisa menemui ikan-ikan berwarna menarik di kedalaman hingga 10 meter. Namun tak dapat dipungkiri, biota laut memang tak sebanyak dulu sebelum tahun 2000 ketika pariwisata belum berkembang. 

Cinderamata
Cinderamata atau oleh-oleh adalah salah satu yang dicari oleh wisatawan saat berlibur. Seperti tempat wisata lainnya, Kepulauan seribu memiliki beberapa ciri khas oleh-oleh dalam bentuk barang dan makanan yang dapat menjadi kenang-kenangan untuk dibawa pulang. Beberapa makanan yang bisa kamu bawa pulang yaitu manisan rumput laut, dodol rumput laut, kerupuk ikan, dan ada juga baju, T-Shirt, dress berlogo Pulau Seribu

Dinner bersama para hiu



Restoran berkonsep unik ini tepatnya berada di gosong yang berada di antara Pulau Panggang dan Pulau Pramuka. Kamu pasti akan terpana saat melihat bangunan bernuansa etnik dan alami ini berdiri di atas perairan jernih Pulau Pramuka.
Tempat ini menyediakan area memancing berupa keramba atau kolam berisi ikan-ikan bandeng seberat 2 kg hingga 3 kg. Setiap kali mendapat ikan kamu harus membayar sekitar 50 ribu untuk 2 kg-nya. Konon bagi mereka yang hobby mancing, sensasi berburu ikan bandeng ini luar biasa dan menguras tenaga.
Yang paling mengesankan dari tempat nongkrong ini tentunya adalah suguhan pemandangan alam yang spektakuler tepat di depan mata yang bisa dinikmati sambil bersantap atau bercengkrama dengan orang-orang terdekat. Bukan hanya itu, kalian juga akan memiliki teman baru yaitu sekumpulan baby shark du du du du. Karena di tempat ini juga ada penangkaran hiu dan bisa dilihat langsung dari atas pelantar. 
Di sore hari bahkan suasana menjelma demikian romantis terutama saat momen-momen sunset menjelang berlangsung.  Jangan ragu mengajak pasangan atau keluarga demi menikmati saat-saat indah dalam kebersamaan.

Diving
Pulau Pramuka menjadi destinasi favorit para penyelam lokal maupun luar karena perairan dangkalnya dengan keragaman soft koral. Kondisi ini memudahkan kegiatan fun diving atau belajar diving sekalipun.
Data Statistik 2012 menunjukan jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara mencapai 59.636 pengunjung. Angka tersebut cenderung meningkat lima tahun terakhir.

Bersantai di Pulau Pramuka, mungkin bisa jadi pilihan liburan. Atau setidaknya, tempat melepas penat setelah lelah diterpa rutinitas kerja. Meski tidak semewah Pulau Bidadari, Tidung dan Harapan, Pulau Pramuka dapat jadi alternatif wisata murah meriah. Ada baiknya, bila ke pulau ini berangkat pagi hari, karena akomodasi dan transportasinya masih terbatas.





Nah jadi siapa bilang Jakarta hanya identik dengan kemacetan? Masih banyak keindahan alam di utara Jakarta ini, tetap harus diingat boleh mengeksplor Indonesia tapi tetap jaga alam dan keseimbangan ekosistem, jangan hanya karena ingin eksis di media sosial kalian tega merusak alam.

Salam lestari dari yang pernah disebut duta sampah.



No comments:

Powered by Blogger.