Camping 10 hari dengan 2 pasang baju, tapi tetap stylish


Perjalanan menuju tanah jawa adalah hal yang selalu diimpikan oleh masyarakat bagian barat seperti aku, bukan hanya karena butuh jadwal yang tepat yang tidak mengganggu pekerjaan tapi juga memikirkan harga tiket pesawat yang lumayan untuk mehasiswa seperti aku. Bagi masyarakat Batam akan lebih sering pulang pergi Luar negeri yaitu Singapura atau Malaysia dibandingkan ke pylau Jawa. Seperti pribahasa banyak jalan menuju Jawa, aku menuju Purwakarta Jawa Barat bulan September untuk mengikuti kegiatan Temu Karya Relawan VI bersama 40 orang dari Kontingen Kepulauan Riau.

Sekilas tentang TKRN
Palang Merah Indonesia mengumpulkan ribuan relawannya dari 34 provinsi di Indonesia dalam wadah Temu Karya Relawan Nasional VI di kawasan Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat pada 17-21 September 2018. Kegiatan akan dibuka pada 17 September oleh Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita, diharapkan temu karya ini diharapkan akan menjadi wadah pembelajaran dan tukar pengalaman bagi seluruh relawan. Seperti yang sudah-sudah, kesempatan Temu Karya pun dapat dimanfaatkan oleh para relawan untuk saling berkenalan dan memperkuat sinergi demi memajukan kerja-kerja kemanusiaan di lapangan, karena mereka adalah yang terdepan dalam tugas mulia.
Tiga agenda utama antara lain adalah Temu, di mana seluruh relawan akan melakukan lokakarya kepalangmerahan, penggunaan sosial media dalam pencitraan organisasi, kewirausahaan. Dalam agenda Karya dan pengembangan kapasitas, para peserta akan bekerja dan berkarya dengan masyarakat, penduli lingkungan DAS Citarum, peduli kesehatan dan  simulasi tanggap bencana. Sementara di kegiatan persahabatan setiap relawan akan mengadakan workshop, permainan bersahabat, pentas seni budaya, bazaar budaya, piknik persahabatan hingga parade budaya.
Acara Temu Karya Relawan Nasional, lengkapnya akan dihadiri oleh relawan dari tujuh Negara, disamping sekitar 5.000 relawan PMI seluruh Indonesia.
Aku sebagai perwakilan Forel Kepulauan Riau bersama Forel dari seluruh Indonesia
Dalam agendanya, acara ini selanjutnya akan dipusatkan di sekitar pesisir Waduk Jatiluhur. Kegiatan sosial dan kemanusiaan lebih mendominasi pertemuan relawan ini. Para relawan pun tidak diperkenankan menginap di hotel, tetapi akan membuat tenda-tenda perkemahan di sekitar lokasi Waduk Jatiluhur.

No Koper, Ransel enough
Manusia anti ribet

Para peserta saat berada di bandara
Bukan liburan ala artis yang bawa koper dan ditemani satu asisten, aku disini mewakili kontingen Kepulauan Riau untuk berkompetisi. Angan-angan untuk berfoto cantik hilang dalam sekejap saat ketua rombongan memberikan pengumuman bahwa kami tidak diperbolehkan membawa koper. Semua peralatan sudah disiapkan oleh PMI kota Batam. Ransel berukuran 60 liter harus cukup untuk membawa semua perlengkapan untuk 10 hari. Tidak banyak barang yang aku bawa agar tidak merepotkan, karena semua tanggung jawab pribadi. Berikut daftar barang yang aku bawa:
2 pasang baju
1 piring
1 handuk kecil
4 pakaian dalam
1 kain sebagai selimut
1 jilbab cadangan
1 laptop
1 topi
1 kacamata hitam
Kosmetik dasar
1 baju adat
Hanya itu, karena aku tidak ingin membebani pundaku yang sudah cukup banyak menanggung beban.

How to be stylist
Setelah menikmati tidur didalam tenda yang beralaskan kerikil, aku bersama rombongan memutuskan untuk berlibur kembali ke daerah Bandung. 2 baju cukup? Banyak tempat instagramable. Let me tell you a secret.
Selama berkemah dengan berbekal 2 pasang baju dan 1 pasang yang terpakai sehingga total 3 pasang, jangan lupakan jaket yang sudah dibagikan oleh tim markas PMI, aku harus putar otak agar tetap percaya diri dan fashionable baik didunia maya atau di dunia nyata.
  1. Jangan malas mencuci dan mandi teratur

Jangan karena lagi camping, jadi malas mandi
Kebayang gak sih dengan berbekal baju seadanya dengan kegiatan dari pagi sampai malam, baju yang dipake seharian pasti itu-itu aja dan lupa mandi. Aku memakai baju seharian tanpa berganti,kecuali pakaian dalam ya, tapi aku tetep mandi 2 kali sehari. Jadi, setelah mandi aku pake baju yang sama lagi sampai malam, atau aku ganti baju di siang hari danlangsung mencuci bajunya saat itu juga. Setelah kering pakai lagi, yang tadi dipakai cuci lagi.
      2. Ganti Warna Jilbab
baju hitam-jilbab creme

baju hitam-jilbab hitam
Trick selanjutnya agar foto kamu tetap kece meskipun bajunya itu-itu aja adalah dengan mengganti warna jilbab. Sebelum berangkat aku sengaja membawa baju warna gelap dan jilbab warna pastel agar tetap cocok saat dipakai. Banyak tempat yang dikunjungi, banyak foto yang didapat, dan dapat stock foto untuk berbulan-bulan.
      3. Ambil gambar siluet


Ini jurus paling jitu untuk menutupi pakaian itu-itu aja yangkamu pakai.
Karena tempat perkemahan aku itu menghadap danau dan di ruangan terbuka,bukanhutan-hutan. Setiap hari aku menikmati senja. Selain itu, aku mengambil foto siluet bersama senja dari berbagai tempat dang angle, sehingga terlihat berbeda. Padahal jika dilihat secara jelas, bajunya sama setiap hari.
       4. Memakai properti tambahan
prop: Sunglasses anti mantan 

prop: Payung penangkal galau

Prop: Topi anti lupa
Untuk mengelabui mata netijen, aku memakai beberapa properti tambahan untuk menghancurkan focus dari baju yang aku pakai. Contohnya, aku memakai payung saat berfoto meskipun tidak hujan, memakai jaket atau mengikatkan jaket di pinggang, memakai kacamata hitam, memakai topi atau memakai selendang.
      5. Cari Extraordinary place


Cari tempat unik yang akan memanjakan mata para netijen di dunia maya agar mereka tidak terlalu focus pada pakaian kita. Aku bahkan berfoto di rerumputan liar tapi tetap instagramable.
      6. Be a supel human

Jangan jadi pemalu yang malu-maluin. Stay cool tapi tetap supel, tidak ada salahnya untuk menyapa terlebih dulu atau sekedar say hi. Ini akan menambah pertemanan kita, bahkan seperti bertemu saudara. Aku bertemu beberapa orang yang baik,meskipun baru bertemu sudah seperti saudara sendiri. Disinilah kita akan sangat terbantu dengan pertolongan-pertolongan yang tak terduga dari mereka, bahkan untuk membuat konten yang menarik.

2 comments:

  1. Wahhh...bisa juga ya cuma bekal 3 stel baju. Jadi intinya tetep harus rajin mandi dan segera cuci baju ya.

    Keren tips dan foto-fotonya.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.