Tidak hanya Orang Tua, Kamu juga Perlu Tahu '8 Multiple Intelligent' ini

by - Wednesday, July 18, 2018


                Setiap orang tua menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang pintar, tapi bagaimana cara mengukur kepintaran seseorang? Apakah jika seseorang memiliki nilai A dalam pelajaran matematika bisa disebut pintar sedangkan seseorang yang mendapatkan nilai C dalam pelajaran matematika berarti tidak pintar? You cannot judge it! Setiap orang diberkahi kepintaran oleh Tuhan, baik itu dalam segi akademik ataupun non akademik, dan bagaimana usaha untuk mengembangkanya.

Finlandia menduduki peringkat pertama dalam sistem pendidikan terbaik dari 62 negara di dunia. 
Anank-anak yang akan memasuki bangku sekolah sebelumnya diberikan test untuk menentukan mereka fokus pada kemampuan yang mana dan tidak seperti Indonesia yang menduduki posisi ke 57 yang akan memberikan berbagai mata pelajaran dengan segudang tugas, di Finlandia, mereka akan lebih fokus memberikan pelajaran pada sisi kemampuan yang anak miliki, jika hasil test anak menunjukan bahwa dia lebih concern pada bahasa maka akan diberikan mata pelajaran yang lebih fokus pada bahasa. Setidaknya ada 8 multiple intelligent yang harus anak milenial ketahui khususnya untuk orang tua. Let’s check this out.

1.Linguistic (Language Smart)
Ketika seseorang lebih tertarik untuk membahas tata bahasa, mepelajari bahasa dengan lebih mendalam. Sebagian orang akan lebih memilih kelas bahasa dari pada kelas matematika, atau lebih menarik memuat cerper, puisi, bersajak dibandingkan mengerjakan pembukuan akuntansi atau menghitung angka rupiah tanpa wujud nyata.

2.Spasial (Picture Smart)
Kemampuan dalam menggambar,melukis atau membuat karikatur masuk dalam kategori spasial ini. Membuat gambarmenjadi menarik atu tekhnik pengambilan gambar juga, berarti kamu smart.

3. Kinestik (Body Smart)
Tidak semua orang memiliki kemampuan menunjukan dirinya dalam gerakan tubuh atau membuat semua orang tertarik hanya dengan melihat bahasa tubuh kita. Ada beberapa orang yang dapat meyakinkan orang dengan bahasa tubuh yang dia pakai saat berbicara, atau bagaimana dia berjalan akan membangun brand untuk dirinya sendiri. Pernah berbicara dengan seseorang yang baru kamu kenal dan langsung membuat kesimpulan bahwa orang itu cerdas? Berarti dia memiliki body smart.

4. Music
Katanya anak band itu gak pinter. Siapa bilang? Jadi mereka yang bisa main gitar gak pinter? Belum tentu seseorang dengan nilai sains nya A bisa belajar gitar dalam waktu 1 minggu. Jadi ayo kita lebih open minded.

5. Mathematic (Logic Smart)
Orang-orang yang masuk golongan ini biasanya akan lebih mengambil kesimpulan berdasarkan data dan beropisi dengan menyajikan data. Semua harus memiliki alasan, sebab dan akibat.

6. Interpersonal (People Smart)
Siapa sih orang Indonesia yang gak tahu pak Mario Teguh? Motivator dengan jargon andalan “sahabat super” ini selalu memberikan motivasi dan membuka aura positif pada banyak orang. Banya yang mengutip kata-kata bijak beliau. Orang dengan ‘interpersonal smart’  akan dengan mudahmemberikan memotivasi dan mempengaruhi orang untuk mengikuti apa yang dia katakan.  Orang dengan kemampuan ini juga biasanya akan mudah untuk mengatur pola pikir orang lain.

7. Intrapersonal (Self Smart)
Tidak setiap orang dapat memotivasi orang lain dengan baik, tapi bukan berarti orang itu tidak bisa memotivasi dirinya sendiri. Terkadang ada seseorang yang bisa menyelesaikan masalahnya sendiri atau mengubah mood nya sendiri tanpa bantuan orang lain, inilah orang dengan kemampuan intrapersonal. Ada orang yang bisa memotivasi orang lain tetapi kehidupan keluarganya sendiri berantakan, atau sebaliknya ada orang yang kehidupan keluarnya baik dan harmonis tetapi tidak bisa membagikan tips nya pada orang lain. Itulah kenapa ada kemampuan interpersonal dan intrapersonal, Tuhan telah menjadikan segala sesuatu dengan seimbang.

8. Naturalis (Nature Smart)
The last but not least, yaitu orang-orang yang sangat mengerti tentang alam, tidak hanya pohon tetapi segala elemen. Tipe ini sangat mengerti tentang keseimbangan alam, bagaimana berinteraksi dengan hewan, tumbuhan dan segala elemen yang berada di alam. That’s why, kamu pecinta alam adalah orang yang pintar.

                Setiap orang, normalnya memiliki 3 kemampuan dari 8 kemampuan yang telah dijelaskan diatas, itulah mengapa seseorang yang pintar dalam seni menggambar belum tentu mengerti tentang alam ataupun sebaliknya. Tapi, kamu harus tahu setiap usaha dan doa bisa mengubah segalanya,kuncinya adalah yakin. Termasuk dengan 8 kemampuan ini, kamu bisa memiliki semuanya dengan berusaha keras. Tapi jangan pernah mengabaikan apa yang telah kamu miliki untuk mendapatkan yang lain.
                
Nah jadi apa 3 focus intelligent kamu? 

You May Also Like

2 comments

Instagram