GERD: 'Produk' dari Gaya Hidup Tidak Sehat

Sumber: Pinterest

Selama masa Pandemi keluhan asam lambung meningkat tajam, seperti maag, gastritis sampai GERD, benarkah stress penyebab nya? Atau gaya hidup yang tidak sehat? Bagaimana mengatasi nya? Dan Apa itu GERD?

Asam lambung atau dikenal juga dengan istilah gastro esophageal reflux disease (GERD) merupakan “produk” dari gaya hidup yang tidak sehat di zaman yang modern seperti sekarang. Anak muda zaman sekarang terlalu hidup sesuka hati dan berlindung dibalik kata ‘Self-love’. Enggak suka olah raga, skip. Enggak suka makan sayur, skip. Terlalu suka rebahan atau jarang gerak, terlalu suka yang serba instan, yang pedes, sampai minuman-minuman berpengawet.

Masyarakat di wilayah Indonesia adalah masyarakat yang majemuk dengan pola  hidup dan prilaku sehatnya  yang cukup beragam sehingga banyak yang menderita penyakit GERD (Mustakim, 2009). Menurut penelitian Maulidiyah pada tahun 2011, terdapat hubungan yang bermakna antara kebiasaan makan dan minum dengan kekambuhan penyakit gastritis.

Lalu bagaimana cara mencegahnya? Atur pola makan, jauhi minuman manis dan soft drink, teratur minum air mineral. Mulailah untuk menerapkan pola hidup yang baik dan sehat.

Kalo kamu sudah memiliki gejala GERD, sebaiknya belajar untuk memberi waktu bagi tubuh untuk healing secara alami. Sering meminum air mineral dan tidak sekaligus banyak, bisa mengurangi paparan asam lambung di esofagus. Metode penyembuhan ini tidak mempunyai efek samping, hanya pada awal terapi, kamu mungkin akan sering buang air kecil. Namun jangan putus asa & langsung berhenti, karena dalam beberapa hari tubuh akan mulai terbiasa.

Berbagai litreratur menyebutkan bahwa minum air mineral di pagi hari, akan memberikan manfaat seperti :

1.    Rehidrasi sel tubuh

2.    Peremajaan sel tubuh

3.    Memperbaiki metabolisme tubuh

4.    Memperbaiki vitalitas ginjal

5.    Mengurangi kekambuhan sakit maag

Asam lambung adalah cairan dalam lambung yang memiliki sifat asam. Asam ini akan membahayakan jika masuk ke saluran makanan. Hal ini disebabkan karena asam lambung bisa masuk dan merusak saluran pencernaan jika terjadi dalam waktu yang lama. Jenis gangguan yang disebabkan karena hal inilah yang disebut dengan GERD. Nah, air mineral bisa digunakan untuk digunakan sebagai suplemen untuk mengatasi masalah ini. Hal ini disebabkan karena air mineral bisa mengurangi keasaman dari asam lambung di dalam saluran pencernaan. Cara-cara sederhana ini patut dicoba karena memberi dampak yang luar biasa. Asam lambung terkendali, kesehatan tubuh pun akan selalu terjaga. (DW)

You Might Also Like

0 comments