Kebanggaan Indonesia: Jam Tangan Kayu Matoa vs PALA Nusantara


Pada dasarnya, orang memang mencari yang belum ada, mencari yang unik, termasuk aku. Menurutku jam tangan sudah menjadi semacam status atau simbol, mewakili karakter masing-masing pribadi. Umumnya, jam tangan terbuat dari material stainless steels, titanium, rubber, dan emas. Siapa sangka kalau jam tangan juga ada yang terbuat dari bahan utama kayu. Perlahan, kehadiran jam tangan kayu mengundang penasaran orang. Jam tangan kayu udah ada  di wishlist aku beberapa bulan ini memang. Alasan utama megapa aku sangat mengidamkan jam tangan berbahan dasar kayu adalah selain untuk menunjang penampilan, rancangan dan proses produksinya begitu memerhatikan sektor lingkungannya. Karena sebagian besar material produksinya menggunakan kayu terpilih dan berkualitas. Tidak ada penggunaan zat atau bahan kimia dalam produksi jam tangan tersebut. Nah aku sudah mencari informasi tentang jam tangan kayu yang memiliki kualitas bagus dan sesuai keinginan aku, menurut aku ada 2 brand yang high recommended dan  aku akan sharing mengenai dua brand jam tangan kayu produk lokal asli Indonesia ini.


History


PALA Nusantara merupakan brand asli Indonesia yang menawarkan berbagai produk kerajinan dari kayu yang didesain menjadi produk-produk fashion yang sangat menarik, termasuk jam tangan kayu yang aku idamkan. PALA terinspirasi dari nama buah di Maluku yang terkenal hingga pelosok dunia di era 1400-1800. Saat itu pala merupakan buah yang digolongkan sebagai rempah dari negeri timur yang masyhur lantaran fungsinya sebagai media pengawet daging dan minuman agar tidak membusuk saat musim dingin tiba. Buah pala kemudian diburu oleh semua bangsa Eropa, untuk membeli dan merampasnya.
Nusantara pun dikenal bangsa Barat sebagai “the promise island”
Nusantara pun dikenal bangsa Barat sebagai “the promise island” bagi siapa pun yang mencari rempah-rempah. Kemasyhuran buah pala inilah yang menjadi mimpi untuk kembali mengingatkan memori besar negeri timur kepada dunia tentang PALA dan Nusantara.  Setiap serinya, jam tangan PALA Nusantara terinspirasi dari kekayaan budaya nusantara yang diterjemahkan kedalam desain yang unik dan eksotis, serta fashionable agar anak-anak muda Indonesia tertarik untuk bercerita mengenai Nusantara kepada dunia melalui Jam Tangan PALA Nusantara.


Matoa adalah brand lokal asal Bandung yang fokus akan material kayu pada tiap produknya. Awalnya Matoa hanya memproduksi jam tangan saja, dan sekarang mereka telah memproduksi kacamata hingga strap untuk i-watch. Salah satu koleksi terbaru Matoa adalah Way Kambas Ebony, yang terbuat dari kayu eboni Makassar (diospyros celebica). Nama Matoa merupakan nama pohon yang hanya ada di Indonesia. Produk Matoa menggunakan kayu eboni dari Makassar dan maple sebagai bahan utama jam tangan Matoa. Dari semua produk Matoa, jam tangan kayu tersebut menggunakan nama-nama pulau yang ada di Indonesia. Sampai saat ini, ada tujuh jenis produk jam tangan dari Matoa yang mengusung nama Rote, Sumba, Gili, Moyo, Flores, Alor, dan Sunda.

 

Harga


Jam tangan kayu Matoa memiliki garansi satu tahun. Apabila kayunya patah, maka kamu akan mendapatkan ganti dengan yang baru. Untuk harganya sendiri berkisaran 800 ribu -1.6 juta rupiah.  Apabila beruntung, kamu akan mendapat diskon hingga 30% dari harga normal. Sedangkan harga jual jam tangan Pala Nusantara mulai Rp 550.000 hingga Rp 840.000 per unit. Memang harga PALA Nusantara dibawah harga Matoa, namun kualitasnya dapat disandingkan. Pala Nusantara juga memberikan cashback 30% dari harga normal. Setiap jam tangan PALA Nusantara dilindungi oleh garansi standar 1 (satu) tahun dan perawatan gratis tambahan selama 6 (enam) bulan.

 

Desain


Desain jam tangan di Pala Nusantara mengusung filosofi budaya, suku dan mitologi asli Indonesia. Contohnya desain ala Toraja, Badui, Jawa, ayam cemani dan arwana. Pala Nusantara mengklaim ingin melestarikan budaya melalui jam tangan. Matoa merupakan jam tangan kayu di Indonesia yang mengusung konsep urban, simplicity, dan nature. Jam tangan ini yang membawa nama pulau-pulau di setiap nama seri nya. 

 

Unique


Pala Nusantara menjadi satu-satunya yang memiliki produk vegan watch di dunia. Dari sanalah pamor Pala Nusantara semakin dikenal. Asal tahu saja, inovasi gunakan jamur pengganti kulit sapi berasal dari melihat proses fermentasi tempe. Kini total desain jam Pala Nusantara ada 10 desain. Sembilan desain berbahan kayu, kulit sapi, kuningan, dan tembaga. Sedangkan satu desain berbahan kulit jamur. Arloji ini juga mengklaim mampu meminimalisir munculnya gatal-gatal pada tangan karena bersifat anti alergi. Di sisi lain Matoa meluncurkan produk jam tangan kayu seri terbaru yakni Matoa Singo. Beberapa review di internet mengungkapkan, produk yang satu ini terbilang tahan air. Selain desain yang mengedepankan kultur dan keindahan kayu, jam tangan kayu Matoa Singo hadir dengan dial 24 jam dan detail yang elegan.

 

Jam tangan kayu merupakan hasil produk kayu terpilih dan berkualitas. Karena rata-rata harga jualnya cukup tinggi, prioritaskanlah pilihan kamu pada jam tangan yang mesin mekanisnya didapat dari produsen kenamaan. Dengan begitu, kamu tidak akan kecewa karena jam tangan kayu pilihan kamu kerap mengalami masalah atau bahkan rusak. Aku sendiri lebih memilih jam tangan kayu dari PALA Nusantara karena selain kualitas yang sudah pasti sangat baik, setiap desainya memiliki makna tentang tanah air tercinta dan fashionable namun tetap elegan cocok untuk millenial seperti aku. Selain itu, yang paling penting pas dengan budget aku. Sebagai informasi, produk PALA Nusantara ini tersedia melalui offline store di Bandung atau bisa mengikuti cara aku yang order melalui online store di www. palanusantara.com karena ada potongan harga sampai 30%. Berbagai promo dan diskon menarik lainnya bisa dilihat di official Instagram @palanusantara.


Tips Merawat Jam Tangan Kayu


• Secara rutin untuk mengecek baterai

Tips pertama mungkin terdengar klise namun hal ini yang kadang luput dari pandangan. Pada dasarnya cara yang satu ini memang harus diterapkan pada semua jenis jam tangan. Penggantian baterai jam tangan secara berkala akan menjaga “kesehatan” jam tangan itu sendiri dan akhirnya memiliki umur yang lebih panjang. Hal yang harus diperhatikan adalah ganti baterai dengan kualitas yang terbaik, jangan sampai sembarang. Pergilah ke tempat reparasi jam tangan yang terpercaya, gunakan baterai pengganti orisinil, agar mesin jam lebih tahan lama.

• Bersihkan menggunakan kain atau kuas

Bagaimana  cara membersihkannya? Sangat mudah kok, kamu  bisa menggunakan kain bersih dan kuas berbulu halus untuk mengangkat kotoran atau noda yang menempel. Jika memang ada debu yang menempel pada rongga-rongga kecil, mungkin kamu bisa menggunakan cotton bud atau kuas yang lebih kecil ya. (DW)

No comments:

Powered by Blogger.