6 Tips Investasi Apartemen Menguntungkan

           

Pasti udah pada tau dong kasus yang sedang ramai diperbincangkan di twitter sejak 24 Juli kemaren. Salah satu perusahaan penyedia jasa perencanaan keuangan ini sedang ramai diperbincangkan di dunia investasi saham. Perusahaan perencana keuangan dan konsultasi keuangan ini banyak menerima keluhan dari klien yang merasa uang mereka yang telah diinvestasikan ambles. Di luar kasus tersebut, sebenarnya saham merupakan salah satu instrumen investasi yang berisiko karena volatilitas harga saham per lembarnya yang bisa berubah kapan saja. Pergerakan saham setiap harinya ditentukan oleh berbagai faktor, mulai dari faktor global seperti ada pandemi saat ini hingga sekadar rumor di sebuah perusahaan sang dirutnya bakal terkena kasus hukum. Jadi secara risiko, investasi saham itu risiko cukup tinggi. Lalu bagaimana dengan investasi properti? Bagi Anda yang belum berusia 40 tahun, sebaiknya jeli memilih produk poperti yang memberikan kenaikan modal secara agresif. Salah satu produk properti yang terbilang agresif adalah apartemen. Tahu gak, kalo kata “investasi apartemen” menyentuh angka 500 pencarian/bulan nya di Google dengan 505 ribu lebih hasil pencarian. Ini menandakan bahwa salah satu bentuk investasi ini juga mulai banyak dilirik, caranya kalian bisa jual beli apartemen atau sewa apartemen.


Supaya tidak kecewa dan bisa memilih apartemen yang tepat untuk investasi menguntungkan di masa depan, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut ini. Terutama bagi generasi milenial yang kini sudah melirik bisnis di bidang property. Simak tips memilih apartemen ini ya.


Lokasi

Mempertimbangkan faktor lokasi adalah hal mutlak kalo kamu menginginkan keuntungan. Namun pertanyaanya, lokasi yang seperti apa yang bisa memberikan keuntungan?

Lokasi bukan berarti tempat yang strategis, melainkan seberapa mudah untuk dijangkau oleh target market. Sebaiknya, kamu membeli atau sewa apartemen yang dekat kawasan pendidikan, kawasan industri, dan juga kawasan niaga terpadu. Yang harus diperhatikan juga adalah akses transportasi, akses ke fasilitas umum, akses ke pusat perbelanjaan serta daerah atau kawasan apartemen tersebut.


Fasilitas

Mengingat penghuni apartemen sangat dinamis, jadi pilihan apartemen yang menyediakan fasilitas lengkap seperti pasar swalayan, foodcourt, area parkir, shuttle bus, service charge yang terjangkau, kolam renang, taman bermain, dan fasilitas olahraga, harus menjadi pertimbangan.


Nilai Investasi Apartemen

Menghitung nilai investasi apartemen sebetulnya tidak terlalu sulit kok. Ada banyak sumber yang bisa memberikan cara menghitung nilai investasi sebuah apartemen dengan mudah. Bahkan beberapa situs sudah menyediakan kalkulator kenaikan harga nilai sebuah properti.

Umumnya nilai kapitalisasi sebuah apartemen itu berkisar antara 7% sampai dengan 12% yang ditentukan dengan beberapa komponen. Misalnya jika dekat dengan bandara dan memiliki akses khusus jalan masuk ke bandara, maka nilai kapitalisasinya akan semakin tinggi. Belum lagi dihitung dengan beberapa keuntungan seperti dekat dengan tempat hiburan, fasilitas yang lengkap, tempat ibadah, sekolah dan seterusnya.


Sistem keamanan di apartemen

Seperti apa sistem keamanan di gedung apartemen yang akan Anda beli? Apakah siapa saja bisa leluasa masuk ke gedung apartemen? Apakah terdapat kamera pengawas?


Status tanah

Jangan sampai membeli properti yang masih dalam kasus sengketa atau ada di atas lahan sewa. Mintalah bantuan notaris untuk melakukan pengecekan sebelum transaksi dilakukan.


Memanfaatkan Jasa Agen Properti

Hal yang paling mudah untuk mencari investasi properti yang akan disewakan atau dibeli adalah menggunakan jasa agen property di SitusProperti.com.  Agen properti biasanya memiliki penguasaan wilayah yang baik mengenai properti dan calon penyewa. Kalau kamu membeli apartemen di Depok misalnya, agen properti sudah mengetahui target penyewa adalah mahasiswa dan mahasiswi.

 (dw)

No comments:

Powered by Blogger.